Serial Tata Gerak Liturgi dalam Perayaan Ekaristi (Part 6)

TATA GERAK YANG KELIRU – MENGOBROL SAAT PERAYAAN EKARISTI dan BERMAIN GADGET

Perkembangan zaman, selain membawa banyak dampak positif, ternyata juga memiliki dampak yang buruk, terutama dalam penghayatan iman umat dewasa ini. Dalam perayaan Ekaristi, kesiapan batin sangat dibutuhkan. Namun, gadget-gadget kini masuk dalam Gereja Katolik dan menyita perhatian umat dari Kristus.

Kita lihat banyak sekali umat bermain gadget sebelum dan selama Misa. Ada juga yang asik mengobrol dengan teman sebelahnya sambil tertawa-tawa cekikikan. Ada juga yang tanpa ragu mengangkat telepon di saat Perayaan Ekaristi berlangsung. Dalam beberapa kesempatan mengikuti Perayaan Ekaristi di paroki-paroki di kota besar, suasana ribut bukan main terjadi bahkan setelah komuni berlangsung.

Apa yang seharusnya dilakukan setelah menyambut Tubuh dan Darah Tuhan? Bukankah jiwa kita seharusnya hening di hadirat Tuhan yang Tubuh-Nya baru saja kita santap? Ke manakah Yesus? Sungguhkah Tuhan Yesus terlihat kurang menarik jika dibandingkan dengan gadget-gadget dan cerita-cerita/ gosip kita. Sulitkah melepaskan gadget 1 jam saja dan memberikan waktu kita kepada Kristus yang hadir di depan kita?

Berhala jaman modern ternyata bukan lagi patung. Segala sesuatu yang menyingkirkan Allah dari hidup kita, adalah berhala. 

Apakah sesungguhnya motivasi kita pergi ke Gereja? Gereja bukan tempat kumpul-kumpul dan sosialisasi! Ingatlah bahwa Misa adalah surga di bumi, dan otomatis Gereja adalah tempat yang sakral yang harus dihormati dengan sikap khusyuk.

Mari, bersama-sama kita mulai lagi, mengembalikan kesakralan, keheningan, dan kekhidmatan Misa Kudus di dalam Gereja! Perubahan harus dimulai dari diri sendiri!