Temu Bulanan Juni 2012


Di bulan Juni kemarin, KMKI Karlsruhe mengadakan Temu Bulanan. Pada acara ini, diundang juga beberapa pelajar-pelajar yang baru saja datang ke Karlsruhe, dan belum begitu mengenal KMKI KA. Oleh Karena itu di awal acara, pertama-tama dipertunjukkan terlebih dahulu slide show pendek tentang KMKI, dengan tujuan agar mereka bisa lebih mengenal KMKI Karlsruhe. Kalo kata orang, tak kenal maka tak sayang... iya kann?? :)

Info KMKI
Lalu setelah itu, kita langsung mengadakan sedikit perkenalan, agar baik yang sudah lama di KMKI, maupun yang baru saja datang ke Karlsruhe bisa lebih dekat dan akrab. Setelah itu dilanjutkan dengan sesi yang sudah ditunggu-tunggu, Games sesion.

Games Temu Bulanan kali ini dibagi ke 3 sesi. Sesi pertama adalah games tebak kata. Satu tim terdiri dari 5-6 orang. Secara bergantian, satu orang dari kelompok yang mendapat giliran harus berdiri di depan anggota kelompoknya untuk memperagakan suatu benda atau suatu kata kerja, sedemikian mungkin sehingga anggota kelompoknya bisa menebak kata tersebut.

Games 1 - Garry lagi memperagakan kata 'meloncat'

Setiap tim yang berhasil menjawab kata yang diperagakan, mendapat poin tambahan. Poin yang didapat akan diakumulasikan sampai waktu habis. Yang lucu dari game ini adalah, gerakan-gerakan si peraga banyak yang aneh-aneh dan unik-unik!

Lalu sesi kedua adalah tebak peribahasa. Sama seperti game pertama, secara bergantian, satu orang dari kelompok yang mendapat giliran harus menggambar sesuatu di papan flip-chart, sehingga anggota kelompoknya bisa tahu, sebenarnya peribahasa apa yang sedang ingin digambarkan. Setiap kelompok memiliki 5 peribahasa untuk digambarkan dengan waktu terbatas. Jika kelompok tersebut juga bisa memberi makna dari peribahasa tersebut, akan ada tambahan poin untuk mereka.

Setelah itu, dilanjutkan dengan sesi ketiga, cerdas cermat. Sesi ini adalah puncak acara pada sore hari itu. Igna dan Kris selaku seksi akademis telah menyusun acara puncak ini, dan berhasil menyusun pertanyaan-pertanyaan dengan cangkupan luas, dari tema Euro 2012 sampai tema jayus yusss.
Beginilah jalan kompetisinya : setiap tim boleh mengirim 3 wakilnya ke depan, yang akan berlomba menjawab pertanyaan dengan tim-tim lainnya. Yang membuat game ini semakin seru adalah adanya pertanyaan-pertanyaan spesial. Pada pertanyaan ini, tim yang berhasil menjawab mendapatkan 1 keuntungan lebih selain mendapatkan poin. Mereka berhak 'mengirim pulang' satu wakil dari tim lain, yang mereka rasa berbahaya (alias berwawasan luas), dan orang yang dipilih tersebut harus digantikan dengan anggota timnya yang sedang duduk di kursi penonton.


Cerdas Cermat

Pada klimaksnya, ada 10 pertanyaan terakhir yang poinnya lama-lama terus naik, sampai-sampai pertanyaan terakhir nilainya 10 kali dari pertanyaan biasa. Serunya, bahkan pada 3 pertanyaan terakhir pun, semua tim masih punya kesempatan menang. Bukan main tegangnya waktu itu...


Di akhir acara, setiap tim yang mendapat poin tertinggi mendapat hadiah sebungkus coklat. Lumayan lah ya buat perut yang udah kelaperan abis games dari siang... Nah, kebetulan juga Edwin hari itu berulang tahun, jadi kita telah menyiapkan Torte kejutan untuk dia. Lalu ya bisa ditebak, anak-anak kelaperan vs Torte? ;)