Pasti

Ada sebuah pepatah cina yang berkata “bernubuat adalah suatu tindakan yang sangat sulit, khususnya yang berhubungan dengan masa yang akan datang”.

Sulit. Namun tidak sedikit orang yang terus mencoba memprediksi apa yang akan terjadi di masa yang akan datang, termasuk orang-orang Kristen yang memperkirakan jadwal kedatangan Yesus yang ke-2 kalinya. Nasehat Tuhan Yesus dalam kitab Injil dalam menghadapi akhir jaman dan mempersiapkan diri menyambut kedatanganNya lebih mengarah kepada kehidupan doa dan berjaga-jaga setiap hari ketimbang spekulasi analisa perkembangan jaman ini.

Tiga perikop dalam Injil Sinoptik memberikan nasehat tersebut, yaitu Matius 24-25, Markus 13 dan Lukas 21. Perkataan Tuhan Yesus mengenai tanda-tanda jaman perlu kita lihat dalam konteks jaman yang tidak jauh dari masa hidup Yesus di bumi. Mengenai kejatuhan bait suci di Yerusalem memang pada akhirnya terjadi sekitar tahun 70 masehi. Seluruh peristiwa yang Yesus sampaikan adalah peristiwa-peristiwa akhir jaman yang akan berlangsung antara kedatangan Yesus yang pertama dan yang kedua kali sebagai Hakim. Menebak kapan Yesus datang kembali adalah perbuatan sia-sia. Lebih baik kita menyaksikan nasehat untuk menghadapi akhir jaman dan kedatangan Yesus kedua kalinya dengan sikap demikian:
1. Ucapan syukur.
Kita patut berterima kasih pada Tuhan karena berjalannya sejarah umat manusia ada arah/tujuan yang pasti. Tujuan itu sudah dirancang oleh Tuhan dan titik puncaknya adalah kedatangan Yesus kedua kali. Hari tersebut juga merupakan hari penghakiman dan juga hari restorasi seluruh ciptaan dibawah kuasa Yesus Kristus.

2. Hadapi Realita Penderitaan.
Yesus Kristus mengingatkan murid-muridNya untuk siap menghadapi penganiayaan. Penolakan dan penganiayaan yang dialami Yesus Kristus pasti akan dialami oleh murid-muridNya seturut dengan kehendak Tuhan.

3. Berjaga-jagalah.
Kita dipanggil untuk menjalani hidup dalam terang masa yang akan datang; yaitu selalu siap setiap hari bila Yesus datang tiba-tiba. Pastikan kita hidup kudus & dekat dengan Tuhan dari hari ke hari.

4. Keyakinan akan perkataan Yesus.
Hal yang pasti dalam kehidupan ini adalah 'ketidak pastian'. Biarlah ketika kita menjalani ketidak pastian dalam hidup, satu keyakinan pasti yang harus kita yakini adalah perkataan dan janji Yesus untuk datang kedua kali. Percayalah pada perkataanNya tsb karena hal ini akan membantu kita berdiri teguh.

PASTI!
Yesus pasti datang kedua kali,
Pastikan kita siap menghadapi sang Hakim Agung!

Sie liturgie