The Da Vinci Code (Judul versi Jerman: Sakrileg)

Seminggu lagi film ini akan diputar secara serentak di Jerman, sehari lebih awal daripada di US. Pemutaran perdananya akan menandai dibukanya Festival Cannes tahun ini. Film ini adalah salah satu topik pembicaraan paling hangat, baik karena banyak yang tak sabar lagi menunggu, maupun karena kritik yang bertubi-tubi.

Film ini diangkat dari novel yang diterbitkan tahun 2003 dan langsung menjadi hit dimana-mana. Sampai dengan bulan Maret tahun ini, buku ini sudah diterjemahkan ke dalam 44 bahasa, dengan jumlah penjualan lebih dari 40 juta eksemplar, sehingga disebut-sebut sebagai salah satu buku terpopuler sepanjang masa. Novel ini adalah novel keempat yang ditulis oleh Dan Brown, mantan guru bahasa Inggris di New England, US.

Ironisnya, karya-karyanya sering menjadi bahan olokan para ahli linguistik di Language Log karena gaya tulisannya yang menyedihkan. Ketika mendengar bahwa novel ini akan diangkat menjadi film, Geoff Pullum bilang: thank God for film (sehingga kita tak perlu lagi membaca novelnya, yang merupakan penderitaan. Begitu kira2 maksud dia. ^_^)

Terlepas dari gaya tulisnya, The Da Vinci Code sebenarnya sangat menarik. Novel ini menceritakan tentang Robert Langdon, seorang profesor di Universitas Harvard, yang berusaha mencari kebenaran mengenai 'Cawan Suci' yang dirahasiakan oleh gereja Katolik supaya mereka tetap 'berkuasa'. Perjalanan Langdon sangat seru dan bikin penasaran. Tapi kenapa banyak orang yang protes? Karena Dan Brown bilang, dia menulis novel ini berdasarkan fakta. Nah lho!

Mungkin karena banyaknya protes mengenai ini, dia menanggapi di websitenya
BUT DOESN'T THE NOVEL'S "FACT" PAGE CLAIM THAT EVERY SINGLE WORD IN THIS NOVEL IS HISTORICAL FACT?
If you read the "FACT" page, you will see it clearly states that the documents, rituals, organization, artwork, and architecture in the novel all exist. The "FACT" page makes no statement whatsoever about any of the ancient theories discussed by fictional characters. Interpreting those ideas is left to the reader.

heh.

Trailernya bisa dilihat di sony, yahoo, atau di youtube.

Gimana, kita mau nonton rame2 kah? ^_^
ditulis oleh elvy